Keabadian memang hal yang mustahil. Nama Everlasting Friends pun mungkin suatu saat akan berakhir. Seberapa kuat pun kita menginginkannya, tetap saja itu tak mungkin.

Tapi meski begitu, aku ingin kenangan ini tetap tersimpan abadi di pikiranku. Aku ingin, meski suatu saat kita tak dapat melihat mereka bersama kembali, tapi kenangan mereka yang ber-13+2 tetap ada selamanya.

Karena Super Junior adalah keluarga, bukan begitu? Dan ELF pun secara tidak langsung adalah bagian dari keluarga mereka. Yang namanya kelurga, meski suatu saat ada anggota keluarga yang hilang, tapi kenangan tentangnya tak akan terhapus.

Kita harus bisa merelakan anggota keluarga kita itu. Yang mungkin telah memilih jalannya sendiri, demi kebaikannya. Seperti kata Donghae:

Even though we are far away in body,

we know we are always together.

Even though we don’t say I Love you,

we know we love each other.

Even though we don’t say we’re one,

we know….

WE’RE ONE…

ELF, masih ingatkah salah satu adegan di Exploring Human Body? Saat para member mengerjai Eunhyuk dan Ryeowook demi mendapatkan air mata mereka? Menurutku itu adalah salah satu adegan paling mengharukan yang pernah terjadi di antara mereka. Dulu, aku takut jika kejadian seperti itu akan terjadi. Tapi ada kata-kata menyentuh yg menenangkanku di akhir scene.

“It’s ok if everything were fake, as long as it’s true that we’re still together like this, forever… This thing won’t ever happen, must never happen, we’ll never break up.” Saat itulah aku percaya, jika kejadian seperti itu tidak akan pernah terjadi di kenyataan, mengingat betapa dekatnya mereka.

Tapi, setelah aku menonton ulang adegan itu dalam kondisi saat ini, rasanya ironis… tentu kalian tahu mengapa. Meski begitu, rasanya aku ingin tetap memercayai mereka, sampai kapanpun… Di tengah-tengah kondisi rentan begini, satu-satunya yg bisa kita lakukan hanyalah memercayai mereka. Apapun yg terjadi.